Cari Blog Ini

Cantik adalah Menerima Diri Sendiri

Jumat, 29 Agustus 2014

Pernahkah kita bertanya, mengapa ada istilah perempuan murahan atau cantik murahan, sedangkan tidak ada istilah laki-laki murahan atau ganteng murahan?

Jawabannya, karena dunia masih memakai kacamata laki-laki, cara berpikir dan cara pandang laki-laki. Sehingga muncullah istilah-istilah yang lebih banyak berorientasi pada perempuan, seperti: 'yang cantik bikin sakit hati, yang jelek bikin sakit kepala' dan banyak lagi lainnya.

Padahal, seharusnya juga ada istilah: 'yang ganteng bikin sakit hati, yang 'jelek' bikin sakit kepala', bukan?

Lagipula kalau kita lihat pesan dalam Al-Qur'an, yang harus menjaga aurat tidak cuma perempuan kok, laki-laki juga!

Dalam  Al-A'raf ayat 26 misalnya, 'Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat'.

Seseorang tidak akan pernah menjadi cantik atau ganteng, selagi ia masih membayangkan dan membandingkan dirinya dengan orang lain. Membayangkan dirinya harus menjadi seperti artis pujaannya. 

Sesungguhnya, di saat seseorang berhenti membayangkan dan membandingkan dirinya, di saat itulah dia akan menemukan bahwa dirinya lah yang paling cantik. 

Mau menerima dirinya sendiri: itulah cantik!

Terhadap sikap dan perilaku kita yang menganggap seseorang cantik atau tidak, ganteng atau tidak, sebenarnya ukurannya ada satu, seperti yang disampaikan oleh Rasul SAW, 'Segala sesuatu itu ada penegurnya, dan penegur hati adalah rasa malu'.

Maka, orang yang cantik dan ganteng yang tidak murahan, adalah orang yang masih punya rasa malu!

2 komentar

  1. Curhat yah?
    Hahahaha...
    Salam kenal Mba...
    Gimana penghasilan Adsense-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... ya nih, lg curhat. salam kenal jg ms Sendy.

      pgnhasilan adsen blm kliatan, :)

      Hapus

 

Entri Populer