Cari Blog Ini

Surga Juga Ada di Telapak Kaki Ayahmu Nak!

Sabtu, 07 Februari 2015

Sebelum beranjak tidur, aku iseng-iseng membaca lagi bukunya John Gray, Ph.D (entah untuk yang ke berapa kalinya) yaitu "Men are from Mars, Women are from Venus", yang akhirnya membuat aku tertarik untuk menulis artikel ini.

Dari membaca buku itu kali ini, aku menangkap (padahal dulu-dulu sama sekali tidak terpikirkan) bahwa ternyata ada 12 jenis cinta yang sama-sama dibutuhkan baik oleh pria maupun oleh wanita. Hanya saja urutan dan prioritasnya yang berbeda.

Perempuan, yang paling utama memerlukan:
- perhatian
- pengertian
- penghormatan dan kesetiaan
- penegasan dan jaminan

Sedangkan pria perlu memerlukan:
- penerimaan
- kepercayaan
- penghasilan
- kekaguman
- persetujuan dan dorongan 

Tetapi juga ada perbedaan mendasar dalam praktek nyata. Bahwa kesalahan umum kaum perempuan adalah selalu berusaha memberikan nasihat bagi pasangannya. Sementara kesalahan umum pria, adalah kurangnya kemampuan untuk mendengarkan.

Terlepas dari itu, kita kerap mendengar kecemburuan, katanya surga itu ada di telapak kaki ibu, dan ibu disebut sebanyak tiga kali baru kemudian pria disebut sekali saja. 

Aku pun seorang ibu, tapi sungguh aku ingin sekali menulis surat untuk anakku: 

Anakku, memang ayahmu tidaklah mengandungmu, tapi darahnya mengalir di darahmu. Namanya melekat di namamu. 

Nak, ayah memang tak bisa menjagamu setiap saat, tapi tahukah kau, di dalam do'anya ada namamu selalu disebutnya.

Tangisan ayah mungkin tak pernah kau dengar, itu agar ia terlihat kuat di matamu. Agar kau tak ragu untuk berlindung di lengannya dan di dadanya ketika kau merasa tak aman. 

Pelukan ayahmu mungkin tak sehangat dan tak seerat pelukan bunda, karena kecintaannya yang sangat, ia takut tak sanggup melepaskanmu. 

Dia ingin kau mandiri, agar ketika kami tiada kau sanggup menghadapi semuanya sendiri. 

Bunda hanya ingin kau tahu nak, bahwa cinta ayah kepadamu sama besar dengan cinta bunda. Jadi anakku, di dirinya juga terdapat surga bagimu, bukan hanya di kaki bunda. Maka hormati dan sayangi ayahmu.

4 komentar

 

Entri Populer